Metro LAN komunikasi Data VPN

Posted by bilbee-one 05/05/13 0 komentar
Menggabungkan Lokal Area Network (LAN) antar kantor cabang sangat di butuhkan untuk mendukung komunikasi Data,Database,Terminal server atau untuk kebutuhan Remote PC.
Teknik koneksi antar LAN melalui jaringan yang sudah ada dan masih berada dalam satu subnet biasanya di sebut juga Metropolitan Area Network (MAN) atau di sebut juga jaringan Backbone.

Pengertian  Metropolitan Area Network (MAN)
MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari pada LAN,area yang di gunakan adalah dalam satu negara,dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam area yang labih besar misal nya: system online perbankan.sebuah Bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang dan di setiap kantor pusat maupun cabang memiliki LAN.Penggabungan LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN,Metro LAN ,atau jaringan Backbone



1.Keuntungan Metro Area Network (MAN) Via Internet  
Mengapa harus menyewa VPN server lagi? jika perusahaan anda sudah memiliki akses internet, manfaat kan jalur internet  itu untuk membuat jalur Metro LAN manfaat kan orang ke tiga untuk mengelola jaringan metro LAN tersebut.

2.Tidak perlu lagi menggunakan jalur khusus seperti Leased Line  yang mahal,tidak perlu lagi manageble switch khusus ,tidak perlu fire wall yang berbayar.

3.Tidak ada limith bandwith antar kantor cabang  sehingga lebih menjamin konektifitas antar LAN.
penerapan limith bandwith biasa di terapkan oleh perusahaan lain nya ,karena menyangkut harga dan  jumlah koneksi 

4.Transaksi real time.Data di pusat di update saat itu juga.

Aplikasi :Payroll,POS,Database aplikasi,Camera IP,Terminal server ,Video conferency dll untuk wilayah nasional karena transaksi  data sekaligus dapat point to point antar komputer layak nya seperti jaringan.

5.Komunikasi data dapat di lakukan secara peer to peer antar device tanpa ketergantungan secara server side misal nya windows sharing folder,direct VOIP,Remote View,Camera View,CCTV dll.

6.Tidak harus memiliki IP public di setiap kantor cabang akan tetapi cukup memiliki satu IP public di Kantor pusat sebagai consentrator tunnel nya.

7.Dapat memanfaatkan koneksi internet yang sudah ada tanpa harus menyewa VISAT atau Leasedline tambahan

8.Bisa menggunakan ISP yang berbeda2 seperti ADSL speed,Modem cable,Visat GSM/CDMA.

9.Tidak lagi menggunakan  software Dial 

10.mudah dalam maintenancy  cukup melalui Remote system atau Remote dekstop  

11.memiliki bandwith manager untuk setiap enduser yang berada di belakang router Meantrolan .Bandwith yang di terapkan berdasar kan IP adress dan berdasrkan extensi file download sehingga bandwith di tiap kantor cabang dapat di kontrol .
dengan menggunakan metode routing  dinamis pengiriman paket data dapat lebih cepat dan smart.




Contoh Topologi Metro Area Network yang umumnya secara teknikal dikenal dengan nama jaringan Backbone, Semua device hardware diatas dapat berkomunikasi point to point

Metode Protokol yang digunakan adalah.
1. VPN Tunnel
2. Protokol Roouting RIP v2 (Routing Information Protokol)
3. Protokol Routing OSPF (Open Shortest Path First), Metrik BGP, Metrik RIP

                                                          
Arsip Blog Bilbee-one
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan coment